Tutup

RENSTRA DINAS SOSIAL

Visi Polewali Mandar Maju Rakyat Sejahtera
Misi  
  Tujuan dan Sasaran Indikator Satuan Target
Awal 1 2 3 4 5 Akhir
1.1 Mewujudkan Taraf Hidup Masyarakat yang Lebih Baik dan Sumber Daya Manusia yang Berkualitas dan Religius
Tujuan RPJMD :
1.1.1 Meningkatnya Taraf Hidup dan Kualitas Sumber Daya Masyarakat
1.1.1.1 Angka kemiskinan persen 15,97 15,6 15,26 15,68 16,39 16,05 15,71
1.1.1.2 Indeks Pembangunan Manusia persen 63,14% 64,23% 64,79% 65,14% 65,49%
Sasaran RPJMD :
1.1.1.1 Meningkatnya Kesejahteraan Masyarakat
1.1.1.1.1 Angka kemiskinan persen 15,97% 15,68% 16,39% 16,05% 15,71%
Tujuan Renstra :
8.1 Meningkatnya ketahanan Sosial
8.1.1 Indeks Ketahanan Sosial angka 31,32 35,8 40,29 44,78 49,27 49,27
Sasaran Renstra :
8.1.1 Meningkatnya ketahanan sosial Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial
8.1.1.1 Persentase PMKS yang memiliki ketahanan sosial persen 21,76 26 13 12 33 36 36
Sasaran Program :
1.1.1.1.1 Meningkatnya kapasitas PMKS sasaran sebagai bekal kemandirian
1.1.1.1.1.1 Persentase PMKS yang tertangani dalam pelayanan rehabilitasi sosial persen 21,76 25,56 26,94 30,56 33 36 36
Sasaran Kegiatan :
1.1.1.1.1.8.1 Tersedianya layanan Assesment dan Advokasi sosial lanjutan bagi PMKS Rentan
1.1.1.1.1.8.1.1 Jumlah PMKS di luar Panti yang menerima Pelayanan Sosial orang 50 50 50 50 50 50 50
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.1.1.1.1.8.1.1 Terpenuhinya kebutuhan dasar permakanan bagi anak di Luar Panti Asuhan
1.1.1.1.1.8.1.1.1 Jumlah PMKS luar Panti yang mendapatkan Penyediaan Permakanan orang 78 42 25 40 10 50 50
1.1.1.1.1.8.2 Meningkatnya kemampuan dasar kecakapan hidup PMKS Luar Panti
1.1.1.1.1.8.2.1 Meningkatnya kemampuan dasar kecakapan hidup PMKS Luar Panti orang 0 100 0 100 100 100 100
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.1.1.1.1.8.2.1 Tersedianya pelatihan keterampilan kecakapan hidup bagi PMKS luar Panti
1.1.1.1.1.8.2.1.1 Jumlah PMKS di Luar Panti yg ditangani dalam Pelayanan Sosial orang 0 50 0 55 15 50 50
8.1.2 Meningkatnya ketahanan sosial masyarakat miskin potensial
8.1.2.1 Persentase masyarakat miskin potensi yang memiliki ketahanan sosial persen 21 21 21 21 21 21 21
Sasaran Program :
1.1.1.1.2 Meningkatnya Keberdayaan PSKS, Kelembagaan Sosial dan PMKS Potensial
1.1.1.1.2.1 Persentase masyarakat miskin potensi yang berdaya persen 21 21 21 21 21 21 21
Sasaran Kegiatan :
1.1.1.1.2.8.1 Meningkatnya kesejahteraan Sosial Komunitas Adat Terpencil
1.1.1.1.2.8.1.1 Jumlah Kelompok / Individu yg diberdayakan KK 100 100 97 97 97 97 97
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.1.1.1.2.8.1.1 tersedianya fasilitas pemberdayaan sosial bagi Komunitas Adat Terpencil
1.1.1.1.2.8.1.1.1 Jumlah Kelompok / Individu yg diberdayakan KK 100 100 97 97 97 97 97
1.1.1.1.2.8.2 Terlaksananya penyaluran bantuan stimulan
1.1.1.1.2.8.2.1 Jumlah Kelompok / Individu yg diberdayakan orang 130 510 0 90 50 100 100
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.1.1.1.2.8.2.2 Terlaksananya usaha kesejahteraan sosial bagi Keluarga Miskin Potensial
1.1.1.1.2.8.2.2.1 Jumlah Kelompok / Individu yg diberdayakan orang 130 510 0 90 50 100 100
8.1.3 Meningkatnya ketahanan sosial PMKS Non Potensial
8.1.3.1 Persentase PMKS Non Potensial dan Masyarakat Korban Bencana yang memiliki ketahanan sosial persen 59,18 71 71 71,43 71,43 71,43 71,43
Sasaran Program :
1.1.1.1.3 Meningkatnya Kualitas Jaminan Sosial bagi PMKS Non Potensial dan Perlindungan Sosial bagi Masyarakat Korban Bencana
1.1.1.1.3.1 Persentase masyarakat miskin penerima penjaminan sosial persen 59,18 71,43 71,43 71,43 71,43 71,43 71,43
Sasaran Kegiatan :
1.1.1.1.3.8.1 Tersedianya Data Kesejahteraan Sosial yang valid
1.1.1.1.3.8.1.1 Jumlah Data Rumah Tangga dengan tingkat kesejahteraan sosial rendah yang valid KK 67,210 64,000 74,740 74,740 74,740 74,740 74,740
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.1.1.1.3.8.1.1 Meningkatnya validitas Data bagi Penerima Bantuan Sosial
1.1.1.1.3.8.1.1.1 Jumlah data Keluarga Miskin Penerima Bantuan Sosial KK 67,210 64,352 64,178 74,740 74,740 74,740 74,740
1.1.1.1.3.8.1.1.2 Jumlah Rumah Tidak Layak Huni yang direhabilitasi unit 0 0 0 0 330 350 360
8.1.4 Meningkatnya Ketahanan Sosial bagi Masyarakat korban Bencana
8.1.4.1 Persentase masyarakat korban Bencana yang tertangani persen 100 100 100 100 100 100 100
Sasaran Program :
1.1.1.1.9 Optimalnya ketersediaan bantuan sosial bagi korban bencana
1.1.1.1.9.1 Persentase Korban Bencana yang tertangani persen 100 100 100 100 100 100 100
Sasaran Kegiatan :
1.1.1.1.9.8.1 Terlaksananya Penyaluran Bantuan Logistik Bagi Korban Bencana
1.1.1.1.9.8.1.1 Jumlah Korban Bencana yg ditangani KK 502 310 174 514 150 200 200
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.1.1.1.9.8.1.1 tersedianya bantuan permakanan bagi masyarakat Korban Bencana Alam dan Sosial
1.1.1.1.9.8.1.1.1 Jumlah Keluarga yang mendapatkan Bantuan Logistik Pasca Bencana Alam/Sosial KK 502 87 174 514 150 200 200
1.4 Memantapkan Tata Kelola Pemerintahan yang Berkualitas dan Modern
Tujuan RPJMD :
1.4.1 Terwujudnya Pemerintahan yang Bersih, Akuntabel dan Modern
1.4.1.1 Indeks Reformasi Birokrasi angka 58,02 62,18 63,09 67,21 69,14 71,92 74,7
Sasaran RPJMD :
1.4.1.2 Meningkatnya Kualitas Pelayanan Publik
1.4.1.2.1 Indeks Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) angka 2,51 2,57 3,3 2,71 3,58 3,64 3,7
1.4.1.2.2 Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) predikat Baik Baik Baik Sangat Baik Sangat Baik Sangat Baik Sangat Baik
Tujuan Renstra :
8.2 Meningkatnya kualitas tata kelola pemerintahan perangkat daerah
8.2.1 Indeks Kepuasan Masyarakat predikat Baik Baik Baik Sangat Baik Sangat Baik Sangat Baik Sangat Baik
Sasaran Renstra :
8.2.1 Meningkatnya kualtias tata kelola taman makam pahlawan
8.2.1.1 Persentase kesiapan TMP dalam layanan kegiatan peringatn hari-hari besar nasional persen 100 100 100 100 100 100 100
8.2.2 Meningkatnya kualitas tata kelola pemerintahan perangkat daerah
8.2.2.1 Indeks Kepuasan Pengguna Pelayanan Publik Dinas predikat Baik Baik Baik Sangat Baik Sangat Baik Sangat Baik Sangat Baik
8.2.2.2 Predikat SAKIP Perangkat Daerah predikat B BB BB BB BB A A
8.2.2.3 Persentase tertib pengelolaan keuangan dan aset perangkat daerah persen 86.67% 93.33% 95.56% 95.56% 95.56% 97.78% 100.00%
Sasaran Program :
1.4.1.2.5 Meningkatnya kualitas manajemen perkantoran
1.4.1.2.5.1 Persentase perencanaan perangkat daerah yang tersusun sesuai standar dan tepat waktu persen 80 90 100 100 100 100 100
1.4.1.2.5.2 Persentase pelaporan perangkat daerah sesuai standar dan tepat waktu persen 78 92 96 96 96 100 100
1.4.1.2.5.3 Persentase tertib keuangan perangkat daerah persen 93,33 95,56 95,56 95,56 97,78 97,78 97,78
1.4.1.2.5.4 Persentase penyampaian laporan keuangan sesuai standar dan tepat waktu persen 100 100 100 100 100 100 100
1.4.1.2.5.5 Persentase penyampaian laporan aset sesuai standar dan tepat waktu persen 93,33 93,33 95,56 95,56 97,78 97,78 97,78
1.4.1.2.5.6 Persentase penyampaian laporan aset sesuai standar dan tepat waktu persen 86,67 93,33 93,33 95,56 95,56 97,78 97,78
1.4.1.2.5.7 Persentase tertib ketatausahaan kantor persen 60 70 75 80 85 85 85
1.4.1.2.5.8 Persentase sarana dan prasarana kantor kondisi baik persen 65 70 75 77 77 80 80
1.4.1.2.5.9 Persentase PNS perangkat daerah yang berkinerja baik persen 75 80 80 85 85 85 85
1.4.1.2.5.10 Persentase Perangkat Daerah yang tertib dalam tata kelola kelembagaan, ketatalaksanaan dan pelayanan publik persen 60 65 70 75 80 85 85
1.4.1.2.5.11 Indeks kepuasan layanan kehumasan dan keprotokoleran persen Baik Baik Baik Sangat Baik Sangat Baik Sangat Baik Sangat Baik
Sasaran Kegiatan :
1.4.1.2.5.8.1 Meningkatnya kualitas perencanaan, pengendalian dan pelaporan kinerja perangkat daerah
1.4.1.2.5.8.1.1 Persentase Perencanaan, Penganggaran, dan Evaluasi Kinerja Perangkat Daerah sesuai standar dan tepat waktu persen 80 80 90 90 100 100 100
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.8.1.1 Meningkatnya kualitas Rencana Kerja Anggaran (RKA) Perangkat Daerah
1.4.1.2.5.8.1.1.1 Jumlah Perubahan RKA yang Tersusun sesuai standar dan tepat waktu dokumen 1 1 1 1 1 1 1
1.4.1.2.5.8.1.2 Meningkatnya kualitas Laporan kinerja perangkat Daera
1.4.1.2.5.8.1.2.1 Jumlah Rekomendasi Hasil Monitoring Evaluasi dan Pelaporan Kinerja yang Tersusun Sesuai Standar dan Tepat Waktu dokumen 1 1 1 1 1 1 1
1.4.1.2.5.8.1.4 Meningkatnya kualitas Rekomendasi monitoring, evaluasi dan pelaporan kinerja secara berkala
1.4.1.2.5.8.1.4.1 Meningkatnya kualitas Rekomendasi monitoring, evaluasi dan pelaporan kinerja secara berkala dokumen 1 1 1 1 1 1 1
1.4.1.2.5.8.2 Meningkatnya kualitas pengelolaan keuangan perangkat daerah
1.4.1.2.5.8.2.1 Persentase penyampaian Laporan Keuangan sesuai standar dan tepat waktu persen 80 80 90 90 100 100 100
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.8.2.3 Terpenuhinya gaji dan Tunjangan ASN
1.4.1.2.5.8.2.3.1 Jumlah ASN yang menerima Gaji, Tunjangann dan Tambahan Penghasilan dokumen 1 1 1 1 1 1 1
1.4.1.2.5.8.2.4 Meningkatnya kualitas penyusunan Laporan keuangan akhir tahun
1.4.1.2.5.8.2.4.1 Meningkatnya kualitas penyusunan Laporan keuangan akhir tahun dokumen 1 1 1 1 1 1 1
1.4.1.2.5.8.3 Meningkatnya Tertib Administrasi Barang Milik Daerah Perangkat Daerah
1.4.1.2.5.8.3.1 Persentase Tertib Administasi Barang Milik Daerah Perangkat Daerah persen 80 80 90 90 100 100 100
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.8.3.1 Meningkatnya tertib penatausanaan Barang Milik Daerah Pada SKPD
1.4.1.2.5.8.3.1.1 Jumlah administrasi barang daerah yang tersusun dokumen 1 1 1 1 1 1 1
1.4.1.2.5.8.5 Meningkatnya Tertib Administrasi Umum Kantor
1.4.1.2.5.8.5.1 Persentase Tertib Administasi Umum Kantor persen 80 80 90 90 100 100 100
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.8.5.5 Terpenuhinya kebutuhan alat tulis kantor
1.4.1.2.5.8.5.5.1 Jumlah Jenis Alat Tulis Kantor yang Tersedia jenis 24 28 33 38 38 38 38
1.4.1.2.5.8.5.6 Terpenuhinya kebutuhan cetak dan penggandaan
1.4.1.2.5.8.5.6.1 Jumlah Jenis Cetak dan Penggandaan yang Tersedia jenis 3 3 3 3 3 3 3
1.4.1.2.5.8.5.7 Terpenuhinya kebutuhan komponen instalasi listrik / penerangan
1.4.1.2.5.8.5.7.1 Jumlah Jenis Komponen Instalasi Listrik/Penerangan yang Tersedia jenis 5 5 7 7 7 7 7
1.4.1.2.5.8.5.8 Terpenuhinya kebutuhan peralatan kantor
1.4.1.2.5.8.5.8.1 Terpenuhinya Peralatan dan Perlengkapan Kantor jenis 30 30 33 33 33 33 33
1.4.1.2.5.8.5.9 Terpenuhinya kebutuhan bahan bacaan koran dan majalah
1.4.1.2.5.8.5.9.1 Jumlah Jenis Bahan Bacaan dan Peraturan Perundang-Undangan jenis 36 36 36 36 36 36 36
1.4.1.2.5.8.5.10 Terpenuhinya kebutuhan makan minum
1.4.1.2.5.8.5.10.1 Jumlah Jenis Makan Minum yang Tersedia Paket 2 2 2 2 2 2 2
1.4.1.2.5.8.5.11 Terpenuhinya kebutuhan koordinasi dan konsultasi dalam dan luar daerah
1.4.1.2.5.8.5.11.1 Jumlah Laporan Koordinasi dan Konsultasi dalam Daerah laporan 34 34 32 34 34 34 34
1.4.1.2.5.8.5.11.2 Jumlah Laporan Koordinasi dan Konsultasi Luar Daerah laporan 45 44 44 49 50 50 50
1.4.1.2.5.8.7 Meningkatnya Tertib Ketersediaan Jasa Penunjang Administasi Kantor
1.4.1.2.5.8.7.1 Meningkatnya Tertib Ketersediaan Jasa Penunjang Administasi Kantor persen 80 80 90 90 100 100 100
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.8.7.1 Meningkatnya tertib administrasi ketatausahaan
1.4.1.2.5.8.7.1.1 Jumlah Surat Masuk dan Keluar dan administrasi ketatausahaan lainnya yang Terkelola surat 1,000 1,000 1,000 1,000 1,000 1,000 1,000
1.4.1.2.5.8.7.2 Terpenuhinya kebutuhan komunikasi, sumber daya air dan listrik
1.4.1.2.5.8.7.2.1 Jumlah Jenis kebutuhan komunikasi, sumber daya air dan listrik yang Terpenuhi jenis 5 5 5 8 8 8 8
1.4.1.2.5.8.7.4 Terpenuhinya kebutuhan jasa Peralatan dan perlengkapan kantor
1.4.1.2.5.8.7.4.1 Jumlah Jenis Jasa Peralatan Perlengkapan kantor yang Tersedia jenis 10 10 12 15 18 18 18
1.4.1.2.5.8.7.5 Meningkatnya kebersihan gedung dan halaman dan pelayanan administrasi kantor
1.4.1.2.5.8.7.5.1 Meningkatnya kebersihan gedung dan halaman dan pelayanan administrasi kantor orang 12 12 14 20 20 20 20
1.4.1.2.5.8.8 Meningkatnya kemanfaatan Barang Milik Daerah Penunjang Urusan Pemerintah Daerah
1.4.1.2.5.8.8.1 Persentase Pemenuhan Pemeliharaan BMD sesuai RKPBMD persen 80 80 90 90 100 100 100
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.5.8.8.1 Tertibnya perizinan kendaraan dinas dan operasional
1.4.1.2.5.8.8.1.1 Jumlah Kendaraan yang Dilengkapi Surat Izin unit 10 10 10 10 10 10 10
1.4.1.2.5.8.8.2 Terjaminnya kemanfaatan gedung kantor
1.4.1.2.5.8.8.2.1 Luas Bangunan dan Halaman Kantor yang Terpelihara unit 2 2 2 2 2 2 2
1.4.1.2.21 Meningkatnya kualtias tata kelola taman makam pahlawan
1.4.1.2.21.1 Persentase kesiapan TMP dalam layanan kegiatan peringatn hari-hari besar nasional persen 100 100 100 100 100 100 100
Sasaran Kegiatan :
1.4.1.2.21.8.1 Optimalnya fungsi Taman Makam Pahlawan
1.4.1.2.21.8.1.1 Jumlah Taman Makam Pahlawan yg dikelola unit 2 2 2 2 2 2 2
Sasaran Sub-Kegiatan :
1.4.1.2.21.8.1.1 Meningkatnya Kualitas Sarana dan sarana penunjang kegiatan peringatan hari besar nasional dilaksanakan
1.4.1.2.21.8.1.1. Jumlah Taman Makam Pahlawan yg dikelola unit 2 2 2 2 2 2 2